Glitter Words

Kamis, 19 Desember 2013

Tutorial membuat daftar isi, page, daftar gambar, dan daftar tabel


Cara Membuat Daftar Isi Otomatis pada Microsoft Office Word

Untuk memberi daftar isi secara otomatis berikut langkah-langkahnya:

Pertama, pada menu home, di deretan bawah menu tersebut terdapat Styles.






Lalu klik pada bagian panah kecil disamping styles. Maka akan muncul kotak styles.




Kemudian letakkan kursor pada bagian kata-kata yang akan anda masukkan kedalam daftar isi, (misalnya Kata Pengantar, BAB 1 Pendahuluan, BAB 2 ISI dan Pembahasan, BAB 3 Penutup, dst) letakkan kursor pada setiap awal kalimat tersebut (Anda lakukan hal tersebut pada tiap halaman).
Misalnya pada halaman kata pengantar. Anda letakkan kursor pada awal kata “Kata Pengantar” kemudian pada kotak styles klik heading.




Maka kata pengantar tadi akan berubah warna menjadi warna biru.






Begitu anda lakukan pada setiap halaman. Misalnya lagi untuk BAB 1, BAB 2,










Adapun jika yang anda masukkan merupakan sub/bagian dari BAB, misalnya bagian dari BAB 1 yaitu Latar Belakang, Rumusan masalah, Tujuan, Manfaat, dll maka letakkan kursor pada kata Latar Belakang, kemudian pada kotak styles-nya klik heading 2.









Dan jika merupakan anak bagian dari sub BAB, Misalnya pada BAB 1, Pada sub Tujuan. memiliki sub sub Tujuan Umum dan Tujuan Khusus, maka yang anda klik adalah Heading 3.





Maka seterusnya seperti itu, untuk bagian dari sub sub BAB tadi maka yang di klik adalah adalah Heading 4, dan seterusnya seperti itu.
Biasanya Sub Bab tersebut diberi nomor, misalnya 1.1 Latar Belakang, 1.2 Rumusan Masalah 1.3 Pertanyaan Penelitian, dst. Maka anda tinggal klik Numbering. Maka Latar Belakang tersebut menjadi seperti berikut.




Untuk mengubah format Number 1. menjadi 1.1 maka anda tinggal mengklik bagian number tersebut dua kali.




Lalu langsung tuliskan 1.1 lalu tekan spasi. Maka number akan terbentuk.




Maka untuk bagian berikutbya pada BAB 1 ini, anda tinggal meletakkan kursor pada sub bab tersebut lalu klik number, maka akan langsung muncul hasil seperti berikut:




Selanjutnya, perlu diperhatikan beberapa hal berikut:
Dalam penulisan BAB 1 Pendahuluan. Agar supaya dalam daftar isi mucul tulisannya BAB 1 Pendahuluan dalam satu baris walaupun dalam penulisannya dalam dua baris, maka cara menulisnya (setelah proses heading):
(Misalnya BAB 1 Pendahuluan). Delete format enter yang ada sebelum kata pendahuluan sehingga kata BAB 1 Pendahuluan menjadi satu baris.





Setelah itu, letakkan kursor pada awal kata Pendahuan, lalu tekan Shift+enter. Maka Pendahuluan akan turun pada baris kedua, namun yang akan muncul di daftar isi nanti BAB 1 Pendahuluan pada satu baris.




Begitu juga untuk BAB 2 Isi dan Pembahasan, BAB 3 Penutup, harus dilakukan dengan cara tersebut.
Selanjutnya agar isi/materi dari pendahuluan (misalnya), tidak terbawa ke dalam daftar isi, maka pastikan tulisan bagian isi tersebut dalam kondisi normal bukan dalam format heading.




Jika ternyata dalam format Heading, maka anda tinggal klik normal. Karena jika dalam format heading, maka semua isi/pembahasan tersebut akan masuk kebagian daftar isi.
Lalu jika terjadi kesalahan misalnya BAB 1 Pendahuluan jadi satu halaman dengan bagian Daftar Isi,




 Maka anda tinggal letakkan kursor  pada awal kata BAB 1, lalu tekan Ctr+Enter, maka BAB 1 tersebut akan langsung berpindah pada halaman berikutnya.



Setelah semuanya selesai diberi format heading, maka anda rapikan terlebih dahulu. Dengan menyamakan bentuk font misalnya Times New Roman, Colour Black.
Kemudian langkah berikutnya, letakkan kursor pada halaman dimana anda akan meletakkan bagian daftar isi. Misalnya pada halaman setelah Kata Pengantar.
Maka enter dari akhir halaman kata pengantar sehingga terbentuk halaman kosong baru setelah kata pengantar.




Kemudian anda klik menu References, klik submenu Table of Contents –> Automatic Table 1.




Maka daftar isi anda akan muncul beserta halamannya.





Kata Content tersebut bisa diganti menjadi Daftar Isi lalu kita pindahkan ke tengah.



Lalu jika anda telah mengedit kembali, misalnya menambahkan content untuk daftar isi atau menambah isi materi, sehingga terjadi perubahan halaman, maka anda tinggal meng-klik Up 
Date yang terdapat pada bagian atas Tabel of Content tersebut. Anda boleh memilih salah satu, namun untuk lebih aman silahkan pilih Update entire table.







 
Cara Memberi Halaman Yang Berbeda-Beda Pada Microsoft Office Word
Sekedar share saja sama teman-teman, mungkin tertarik.
Saat kita membuat makalah, proposal, laporan PBL/magang, skripsi dan lain-lain, biasanya kita memisahkan antara cover, kata pengantar, daftar isi dan isi. Ternyata ada cara mudahnya membuat halaman yang berbeda-beda pada satu file Ms. word. Yuk, mari mencoba. Cekidot!!!
Hal ini bisa Anda lakukan setelah Anda selesai  menyusun tugas anda juga bisa dilakukan sebelum anda membuat tugas anda.

Caranya sebagai berikut:
Pertama Klik Insert  –> Page Number  kemudian pilih salah satu, misalnya saya pilih Buttom of Page. Maka akan muncul tampilan seperti berikut ini:





Maka akan muncul tampilan seperti berikut ini:



Setelah halaman terbentuk klik pada bagian luar footer dua kali (penting hal ini dilakukan untuk menghindari kegagalan-kegagalan yang biasanya terjadi). Sehingga akan muncul tampil seperti dibawah ini.




Selanjutnya untuk memberi halaman pada bagian cover, klik kembali footer pada halaman tersebut dengan cara mengklik bagian bawah halaman dua kali maka akan muncul menu Design.


Setelah itu, centang Different First Page. Maka nomor yang sebelumnya ada akan hilang.

Kemudian klik kembali di bagian luar footer (harus dilakukan). Sehingga muncul tampilan seperti berikut.


Untuk memberi halaman pada kata pengantar dan daftar isi misalnya dengan format angka (i, ii, iii,….). Letakkan sel Ms. word pada awal kata “Kata Pengantar”. Kemudian klik page layout –> breaks, pilih next page (langkah ini yaitu untuk membedakan halaman ini dengan halaman sebelumnya).



Kemudian klik footer pada halaman kata pengantar tersebut, maka akan muncul menu design seperti sebelumnya.

Setelah itu hilangkan tanda centang pada different first page, dan centang different odd and even page, serta biarkan centang pada show document. Lalu hilangkan tanda aktif pada link to previous dengan cara meng-kliknya satu kali.

Masih pada menu design, untuk mengubah format number menjadi bentuk (i, ii, iii,…), klik page number –> format page number.

Kemudian pilih tipe (i,ii,iii,…) dan klik start at i. Seperti terlihat pada tampilan dibawah ini:

Maka halaman 1 akan berubah menjadi halaman i.



Seperti sebelumnya klik kembali dua kali diluar bagian footer dua kali (HARUS DI LAKUKAN). Sehingga muncul tampilan seperti dibawah ini.




Selanjutnya, untuk memberi halaman bagian isi (misalnya BAB 1 Pendahuluan), sama halnya dengan sebelumnya yaitu harus membedakan terlebih dahulu halaman dengan halaman sebelumnya, namun juga harus selalu diingat letakkan terlebih dahulu kursor pada huruf pertama halaman tersebut. Seperti sebelumnya klik page layout –> breaks dan next page.



Kemudian klik footer pada halaman tersebut, maka muncul menu design.



Lalu hilangkan tanda aktif link to previous.

Setelah itu klik page number –> format page number kemudian pilih tipe (1,2,3,…) juga klik start at 1.


 Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini:


Setelah itu, seperti biasa, klik dua kali pada bagian luar footer dua kali. Sehingga muncul tampilan berikut.



Akhirnya halaman makalah anda sudah jadi.
Maka jika anda akan menambahkan format halaman lainnya, anda tinggal melakukan kembali langkah-langkah di atas.

 
CARA MEMBUAT DAFTAR GAMBAR

  
  1. Setelah kita membuat isi makalah  Pilihàyang terdiri dari beberapa gambar, klik pada gambar   pada label, pilih “gambar 1.”àReferences, klik Insert Caption   okà

  1. Maka pada gambar akan muncul ...


  1. Kemudian pada halaman Daftar à pilih Update Entire Table àGambar klik kanan , Update Field!  maka akan muncul daftar nama-nama gambar pada isi makalah 



  

CARA MEMBUAT DAFTAR TABEL


  1. Lakukan sama seperti pada saat membuat daftar gambar. Bedanya pada Insert Caption, pada bagian label pilih “Tabel 1.” Untuk memberi nama pada tabel sehingga  Klik OKàakan muncul pada Daftar Tabel.


  1. Setelah semua tabel diberi nama,  Pilih Updateàpada Daftar Tabel Klik kanan, pilih Update Field!   Klik OKàentire table 

  1. Maka pada Daftar Tabel akan muncul daftar table yang sudah diberi nama tadi.



























1 komentar: